Skip to main content

Suasana langka di Alaska Yang Merupakan Negara Bagian Amerika Serikat Terbesar


Alaska adalah negara bagian AS di bagian barat laut Amerika Serikat bagian barat daya dari Amerika Serikat Barat. Pantai, tepat di seberang Selat Bering dari Asia. Provinsi British Columbia di Kanada dan wilayah Yukon berbatasan dengan negara bagian di timur dan tenggara. Bagian barat yang paling ekstrem adalah Pulau Attu, dan memiliki perbatasan laut dengan Rusia (Chukotka Autonomous Okrug) di sebelah barat melintasi Selat Bering. Di sebelah utara adalah laut Chukchi dan Beaufort — bagian selatan Samudra Arktik.

Samudra Pasifik terletak di selatan dan barat daya. Ini adalah negara bagian AS terbesar menurut wilayah dan divisi subnasional terbesar ketujuh di dunia. Selain itu, Amerika Serikat adalah yang ke-3 terpadat dan terpadat di Amerika Serikat; namun demikian, ini adalah wilayah terpadat yang sebagian besar terletak di utara paralel ke-60 di Amerika Utara: populasinya — diperkirakan 738.432 oleh Biro Sensus Amerika Serikat pada 2015 — lebih dari empat kali lipat populasi gabungan Kanada Utara dan Greenland.

Sekitar setengah dari penduduk Alaska tinggal di wilayah metropolitan Anchorage. Ekonomi Alaska didominasi oleh industri perikanan, gas alam, dan minyak, sumber daya yang dimilikinya berlimpah. Pangkalan angkatan bersenjata Amerika Serikat dan pariwisata juga merupakan bagian penting dari ekonomi.

Pada 30 Maret 1867, Amerika Serikat membeli Alaska dari Kekaisaran Rusia seharga 7,2 juta dolar AS, atau sekitar dua sen per are ($ 4,74 / km2). Area tersebut mengalami beberapa perubahan administratif sebelum diorganisasi sebagai wilayah pada 11 Mei 1912. Wilayah ini diakui sebagai negara bagian ke-49 A.S pada 3 Januari 1959.

Nama "Alaska" (Rusia: ??????, tr. Alyaska) diperkenalkan pada masa kolonial Rusia ketika digunakan untuk merujuk ke Semenanjung Alaska. Itu berasal dari idiom bahasa Aleut, yang secara kiasan merujuk ke daratan. Secara harfiah, itu berarti objek yang mengarahkan tindakan laut.

Alaska adalah negara paling utara dan paling barat di Amerika Serikat dan memiliki garis bujur paling timur di Amerika Serikat karena Kepulauan Aleutian membentang hingga ke Belahan Bumi Timur. Alaska adalah satu-satunya negara bagian AS yang tidak bersebelahan di benua Amerika Utara; sekitar 500 mil (800 km) dari British Columbia (Kanada) memisahkan Alaska dari Washington.

Secara teknis bagian dari AS kontinental, tetapi terkadang tidak termasuk dalam penggunaan sehari-hari; Alaska bukan bagian dari A.S. yang berdekatan, yang sering disebut "48 Bawah". Ibukotanya, Juneau, terletak di daratan benua Amerika Utara tetapi tidak terhubung melalui jalan darat ke seluruh sistem jalan raya Amerika Utara.

Negara bagian ini berbatasan dengan Yukon dan British Columbia di Kanada, di sebelah timur, Teluk Alaska dan Samudra Pasifik di selatan dan barat daya, Laut Bering, Selat Bering, dan Laut Chukchi di barat dan Samudra Arktik di utara . Perairan teritorial Alaska menyentuh perairan teritorial Rusia di Selat Bering, karena Pulau Big Diomede Rusia dan Pulau Little Diomede di Alaska berjarak hanya 4,8 km. Alaska memiliki garis pantai yang lebih panjang daripada gabungan semua negara bagian AS lainnya.

Alaska adalah negara bagian terbesar di Amerika Serikat dengan luas total 663.268 mil persegi (1.717.856 km2), lebih dari dua kali ukuran Texas, negara bagian berikutnya yang terbesar. Alaska lebih besar dari semua kecuali 18 negara berdaulat. Menghitung perairan teritorial, Alaska lebih besar dari gabungan wilayah tiga negara bagian terbesar berikutnya: Texas, California, dan Montana. Ini juga lebih besar dari area gabungan dari 22 negara bagian terkecil di AS.

Selanjutnya > Sejarah Dan Kepemilikan Amerika Terhadap Alaska

Oldest Post