Skip to main content

Pesona Unik Alam Daerah Arizona


Arizona adalah sebuah negara bagian di wilayah barat daya Amerika Serikat . Itu juga merupakan bagian dari negara-negara Barat dan Gunung. Arizona adalah yang terbesar ke-6 dan ke-14 terpadat dari 50 negara. Ibukotanya dan kota terbesarnya adalah Phoenix. Arizona berbagi wilayah Four Corners dengan Utah, Colorado, dan New Mexico; negara-negara tetangga lainnya adalah Nevada dan California di barat dan negara bagian Sonora dan Baja California di selatan dan barat daya.

Arizona adalah negara bagian ke-48 dan negara bagian terakhir yang bersebelahan yang masuk Uni, mencapai status negara bagian pada tanggal 14 Februari 1912, bertepatan dengan Hari Valentine. Secara historis bagian dari wilayah Alta California di Spanyol Baru, menjadi bagian dari Meksiko merdeka pada tahun 1821.

Setelah dikalahkan dalam Perang Meksiko-Amerika, Meksiko menyerahkan sebagian besar wilayah ini ke Amerika Serikat pada tahun 1848. Bagian selatan negara bagian diakuisisi pada 1853 melalui Pembelian Gadsden.

Arizona Selatan dikenal karena iklim padang pasirnya, dengan musim panas yang sangat panas dan musim dingin yang sejuk. Arizona Utara memiliki hutan pinus, pohon cemara Douglas, dan pohon cemara; Dataran Tinggi Colorado; pegunungan (seperti Pegunungan San Francisco); serta ngarai yang besar dan dalam, dengan suhu musim panas yang jauh lebih moderat dan salju musim dingin yang signifikan.

Ada resor ski di area Flagstaff, Alpine, dan Tucson. Selain Taman Nasional Grand Canyon yang dikenal secara internasional, yang merupakan salah satu dari tujuh keajaiban alam dunia, ada beberapa hutan nasional, taman nasional, dan monumen nasional.

Sekitar seperempat dari negara bagian terdiri dari reservasi India yang berfungsi sebagai rumah dari 27 suku asli Amerika yang diakui secara federal, termasuk Bangsa Navajo, yang terbesar di negara bagian dan Amerika Serikat, dengan lebih dari 300.000 warga.

Meskipun hukum federal memberi semua penduduk asli Amerika hak untuk memberikan suara pada tahun 1924, Arizona mengecualikan mereka yang hidup dalam reservasi di negara bagian dari pemungutan suara sampai Mahkamah Agung negara bagian memutuskan mendukung penggugat asli Amerika di Trujillo v. Garley (1948).

Nama negara tampaknya berasal dari nama Spanyol sebelumnya, Arizonac, berasal dari nama O'odham ali ?onak, yang berarti "mata air kecil", yang awalnya hanya diterapkan pada daerah dekat kamp penambangan perak Planchas de Plata, Sonora. Bagi para pemukim Eropa, pelafalan mereka terdengar seperti Arissona. Daerah ini masih dikenal sebagai ali ?onak dalam bahasa O'odham.

Kemungkinan asal lainnya adalah frasa Basque haritz ona ('pohon ek yang baik'), karena ada banyak penggembala Basque di daerah tersebut. Seorang Meksiko asli peninggalan Basque mendirikan rancherĂ­a (desa) Arizona antara tahun 1734 dan 1736 di negara bagian Sonora, Meksiko saat ini, yang menjadi terkenal setelah penemuan perak yang signifikan di sana, c. 1737.

Arizona berada di Amerika Serikat Barat Daya sebagai salah satu dari negara bagian Four Corners. Arizona adalah negara bagian keenam terbesar berdasarkan wilayah, diperingkat setelah New Mexico dan sebelum Nevada.

Dari 113.998 mil persegi (295.000 km2) negara bagian, sekitar 15% dimiliki secara pribadi. Daerah yang tersisa adalah hutan publik dan lahan taman, tanah perwalian negara bagian dan reservasi penduduk asli Amerika.

Arizona terkenal karena wilayah Basin dan Range gurun di bagian selatan negara bagian, yang kaya akan lanskap tanaman xerophyte seperti kaktus. Topografi wilayah ini dibentuk oleh vulkanisme prasejarah, diikuti oleh pendinginan dan subsidensi terkait.

Iklimnya memiliki musim panas yang sangat panas dan musim dingin yang sejuk. Negara bagian ini kurang terkenal dengan bagian tengah-utara bagian utara dataran tinggi Colorado yang tertutup pohon pinus (lihat Hutan Pegunungan Arizona).

Seperti negara bagian lain di Amerika Serikat Barat Daya, Arizona memiliki banyak gunung dan dataran tinggi. Meskipun negara itu gersang, 27% Arizona adalah hutan, persentase yang sebanding dengan Prancis atau Jerman modern [rujukan?]. Tempat pohon pinus ponderosa terbesar di dunia adalah di Arizona.

Lingkaran Mogollon, tebing curam 1.998 kaki (609 m), melintasi bagian tengah negara bagian dan menandai ujung barat daya Dataran Tinggi Colorado. Pada tahun 2002, ini adalah area dari Rodeo – Chediski Fire, api terburuk dalam sejarah negara.

Terletak di Arizona utara, Grand Canyon adalah ngarai berwarna-warni, dalam, sisi curam, diukir oleh Sungai Colorado. Ngarai adalah salah satu dari tujuh keajaiban alam dunia dan sebagian besar terkandung di Taman Nasional Grand Canyon — salah satu taman nasional pertama di Amerika Serikat.

Presiden Theodore Roosevelt adalah pendukung utama menunjuk kawasan Grand Canyon sebagai Taman Nasional, sering berkunjung untuk berburu singa gunung dan menikmati pemandangan. Ngarai ini diciptakan oleh Sungai Colorado yang memotong saluran selama jutaan tahun, dan panjangnya sekitar 277 mil (446 km), memiliki lebar 4 hingga 18 mil (6 hingga 29 km) dan mencapai kedalaman lebih dari 1 mil. (1,6 km).

Hampir dua miliar tahun sejarah Bumi telah terekspos ketika Sungai Colorado dan anak-anak sungainya memotong lapisan demi lapisan sedimen ketika Dataran Tinggi Colorado terangkat.

Arizona adalah rumah bagi salah satu situs dampak meteorit yang paling terpelihara di dunia. Dibuat sekitar 50.000 tahun yang lalu, Kawah Meteorit Barringer (lebih dikenal dengan sebutan "Kawah Meteor") adalah lubang raksasa di tengah dataran tinggi Dataran Tinggi Colorado, sekitar 25 kilometer di sebelah barat Winslow.

Lingkaran batu besar yang hancur dan tercampur aduk, beberapa di antaranya seukuran rumah-rumah kecil, menjulang setinggi 150 kaki (46 m) di atas permukaan dataran di sekitarnya. Lebar kawah itu sendiri hampir 1 mil (1,6 kilometer), dan kedalaman 570 kaki (170 m).

Arizona adalah salah satu dari dua negara bagian A.S. yang tidak mematuhi Daylight Saving Time (yang lainnya adalah Hawaii). Pengecualian berada di dalam Negara Navajo yang besar (yang mengamati Daylight Saving Time), di wilayah timur laut negara bagian itu.

Selanjutnya > Sejarah Negara Bagian Arizona, Amerika Serikat